Image generated by TextSpace.net, hosted on ImageShack.us

22 Feb 2012

Akhir 2012, Lapan Luncurkan Satelit


TEMPO.COBogor - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan satelit A2 ke orbit pada akhir tahun ini. Satelit tersebut akan diluncurkan bersama roket India.

"Peluncuran ditargetkan selang waktu September hingga Desember 2012," ujar Kepala Lapan Bambang Setiawan Tejasukmana saat jumpa pers di IPB Convention Center, Bogor, Rabu, 22 Februari 2012.

Ia mengaku belum bisa memberikan tanggal pasti peluncuran karena hal ini ditentukan oleh India. Maklum, misi utama roket adalah membawa satelit milik India yang berukuran lebih besar. Satelit milik Lapan sendiri berstatus sebagai penumpang.

A2 merupakan satelit kedua bikinan Lapan yang diluncurkan ke orbit setelah satelit Lapan-TUBSAT diluncurkan lima tahun lalu. Dua kamera yang terpasang di dalam satelit ini dapat dipakai untuk memotret daratan Indonesia.

Satelit berbentuk kotak ini juga bisa dipakai untuk menyalurkan informasi radio. Karena itu, Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI) turut serta dalam perancangan satelit ini.

A2 juga bisa dipakai sebagai alat pertahanan negara. Alat khusus yang ditanamkan di dalam satelit ini mampu menerima data Automatic Identifitaciton System (AIS) yang dipancarkan kapal-kapal besar di seluruh dunia. Data ini adalah sidik jari unik yang dipasang pada setiap kapal laut


Tidak ada komentar: